Press "Enter" to skip to content

6 Cara Mengatasi Laptop lemot

Pada zaman sekarang ini, hampir setiap orang “bergantung” pada teknologi. Salah satunya yaitu laptop. Laptop berperan penting pada masa seperti ini baik kebutuhan untuk pekerjaan, sekolah, maupun sekedar hiburan. Laptop bisa meringakan pekerjaan kita karena sifatnya yang fleksibel / bisa dimana-mana dan kapan saja.

Dengan sifat laptop yang bisa digunakan dimana saja dan kapan saja, membuat penggunanya selalu menggunakan laptop secara terus menerus sehingga kesehatan dan performa laptop menurun. Komputer jinjing ini-pun menjadi lamban sangat digunakan.

Pasti untuk anda semua tidak ingin performa laptop menurun sehingga mengganggu pekerjaan. Tanpa perawatan yang tepat laptop akan bertahan 3-4 tahun. Apabila kita bisa merawat laptop dengan tepat maka performa laptop akan baik sehingga laptop tidak mudah rusak dan yang pasti laptop tidak akan lemot. Maka dari itu, JBS Laptop akan  memberi tips cara mengatasi laptop lemot.

Baca juga : Service PC All in One di Malang

Daftar Isi

  1.   Gunakan Laptop Sesuai Spesifikasi
  2.   Hapus File dan Sofware yang Tidak Dibutuhkan
  3.   Rutin Mengganti Thermal Paste
  4.   Cek Kesehatan Harddisk
  5.   Install Ulang Windows
  6.   Ganti Harddisk Anda dengan SSD (Solid State Drive)

1. Gunakan Laptop Sesuai Spesifikasicara merawat laptop agar tidak lemot

Agar laptop tidak lemot, gunakan sesuai spesifikasi yang dimiliki laptop tersebut. Dalam artian gunakan software yang sesuai dengan spesifikasi laptop sehingga laptop dapat bekerja dengan normal. Jangan sekali-kali mencoba mengunduh / menginstall software yang melebihi kapasitas laptop yang membuat laptop menjadi memaksakan kerja operasinya.

Maka dari itu alangkah lebih baiknya anda membeli laptop dengan spesifikasi yang cukup untuk kebutuhan anda, baik dari kapasitas RAM, processor yang digunakan, dll. Sehingga apabila laptop anda sudah cukup untuk memasang software berat maka laptop akan bekerja dengan normal tanpa ada kendala.

Cari laptop bekas disini

2. Hapus File dan Sofware yang Tidak Dibutuhkancara merawat laptop agar tidak lemot

Dengan menghapus file dan software yang sudah tidak dibutuhkan, akan membuat penyimpanan laptop berkurang sehingga laptop terasa lebih ringan. Terkadang banyak software terinstall tanpa ada notifikasi yang membuat laptop menjadi berat.

Untuk menghapus atau menginstall software yang tidak lagi digunakan, silahkan klik drive C:/ atau drive lain dimana file software tersebut di install. Dengan cara ini kemungkinan besar bisa meringankan kinerja laptop agar tidak lemot.

3. Rutin Mengganti Thermal Pastecara merawat laptop agar tidak lemot

Apa itu thermal paste? Thermal paste adalah cairan yang terbuat dari campuran timah yang berfungsi sebagai pendingin processor dengan bantuan fan (kipas) pada laptop maupun PC. Laptop akan menjadi overhead bahkan hanya bisa beroperasi dengan waktu yang singkat apabila thermal paste kering.

Bila diibaratkan thermal paste seperti halnya oli pada kendaraan bermotor. Apabila rutin diganti semakin halus pula mesin bekerja, begitu juga sebaliknya, apabila jarang sekali diganti bahkan tidak pernah sama sekali maka mesin akan ada paksaan saat beroperasi. Kesimpulannya, thermal paste sangat penting untuk laptop maupun PC anda. (Ganti thermal paste klik disini )

4. Cek Kesehatan Harddiskcara merawat laptop agar tidak laptop

Kesehatan Harddisk yang menurun berpengaruh dengan kinerja laptop. Karena harddisk yang kesehatan menurun tidak bekerja dengan normal.

Untuk pengecekkan kesehatan harddisk laptop bisa menggunakan Harddisk Sentinel dengan software gratis ini, anda bisa melihat info detail harddisk anda seperti kesehatan harddisk, kapasitas harddisk, dan performa harddisk.

5. Install Ulang Windows

Faktor ini cukup umum untuk masalah laptop lemot, karena bisa juga faktor dari windows yang mulai eror sehingga performa tidak sempurna yang membuat laptop menjadi lemot.

Setelah melakukan install ulang laptop, isi software yang diperlukan saja agar penyimpana tetap ringan dan tidak mengganggu performa komponen lainnya.

6. Ganti Harddisk Anda dengan SSD (Solid State Drive)cara mengatasi laptop lemot

Apabila cara diatas masih belum juga mengatasi laptop lemot, maka ini adalah mengganti harddisk anda dengan ssd. Dilihat dari fungsi, memang sama antara SSD dengan HDD. Yang membedakan adalah performa dari SSD yang begitu cepat.

SSD sangat cocok untuk anda yang membutuhkan software berat untuk kebutuhan desain grafis, edit video, dll. Akan tetapi, untuk harga sendiri SSD lebih mahal dibandingkan dengan HDD yang pasti ada harga ada barang biasa orang mengistilahkannya.

Ingin jual laptop bekas? Klik disini

Kesimpulan

Cara-cara diatas membuat laptop anda tetap bekerja dengan optimal tanpa ada kendala apabila anda merawat laptop anda dengan rutin. Laptop akan bertahan dalam jangka waktu yang lama dan pastinya tidak mengganggu pekerjaan anda.

Demikian informasi dari kami tentang cara merawat laptop agar tidak lemot. Semoga menjadi refernsi untuk anda semua yang mengalami laptop lemot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *